Rabu, 31 Maret 2010

BUDIDAYA TOKEK

Para sobat sy sambung lagi soal budidaya tokek apa mungkin???
Sy sudah lumayan banyak liat orang budidaya tokek baik yang sengaja, maupun yang tidak!! lho kok bisa??? biasanya ada yang sudah yakin akan laku beli tokek borongan dan yakin bisa jual lagi untuk dapat untung..ternyata 1-10hari tidak ada buyer maka tokek makin kurus/susut nah terpaksa dibudidayakan??? atau ada yang sudah siap modal dan perhitungan cepat pasti untung jadi budidaya??tapi jalan ini juga tidak mudah kawan.. dalam posting ini sy coba bantu beberapa jalan budidaya yang sy praktekan :
a. kandang, biasa kandang dibuat dari kayu/bambu dan dipasang kasa/ram nyamuk supaya pakan (jangkrik) tidak kabur dan bagusnya ada bambu buat sembunyi tokek,kandang ukuran 40x70x40 ini buat untuk tokek bobot 2ons jangan lupa dikasih oli atau kapur anti semut pada kaki kandang supaya tokek aman he3.....bagusnya 1 kandang 1ekor biar gampang liat tokek mau makan/puasa (ganti kulit) kalau berdua suka berantem jadi tokek yang kalah cacat(luka badan/ekor putus)
b.pakan, biasa tokek dikasih pakan jangkrik sst ada yang kasih pakan tokek pakai minyak ikan, ati ayam, telur, cindil(anak tikus)dan ada yang ekstrim disuntik vitamin he3....tokek-tokek hebat minum ada yang kasih susu he3...nah klau pengalaman sy kasih pakan jangkrik jangan ganti2 kalau ganti tokek drop bobotnya misal diganti pakan dengan belalang dengan pakan yang teratur tokek 2ons bisa 2,5ons dalam waktu 6bulan dan saat ini sy masih cari menu yang joss buat tokekku karena ada info ada yang bisa naik bobot sampai 2ons dalam waktu 6 bulan????
c.bibit, pilih bibit tokek yang bagus artinya ukuran proposional karena body tokek macam2 ada yang pendek, ada yang panjang kalau bibit sudah bagus untuk mencapai bobot yang diharapkan 75% berhasil....Sobat baiknya kalau mau budidaya tokek tidak usah banyak ya 4-10ekor tapi dengan berat yang 2ons jadi pakan dan pengawasan lebih mudah. sy sering dapat order untuk beli borongan 100-300ekor karena pemilik tidak kuat kasih pakannya terutama jangkrik sekarang mahal 1kg bisa 80ribu???
d.letak, kandang baiknya ditempat teduh jangan langsung kena matahari bisa-bisa tokek hidrasi??? betul? kurang cairan he3.....
Sobat posting kandang cukup dulu masih mau posting misteri tokek dan mohon komentarnya atau bagi ilmunya siapa tahu ada yang lebih dasyat dalam budidaya tokek terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar